Langsung ke konten utama

Akuntansi PAPJSDM

 Persediaan

Aset dalam bentuk barang stays​ perlengkapan(supplies) yang diperoleh dengan maksud untuk mendukung kegiatan operasional atau barang-barang yang dimaksudkan untuk dijual dalam waktu 12 bulan dari tanggal perolehan.


Cakupan persediaan

-Barang atau perlengkapan untuk operasional

-Bahan atau perlengkapan untuk proses produksi

-Barang dalam proses produksi

-Barang yang disimpan untuk dijual atau diserahkan kepada masyarakat dalam rangka kegiatan pemerintahan


Contoh persediaan

-Barang konsumsi

-Amunisi

-Bahan untuk pemeliharaan

-Suku cadang

-Persediaan untuk tujuan strategis/ berjaga-jaga

-Materai baku

Barang dalam proses/setengah jadi


Jenis persediaan

-Perusahaan dagang 

Persediaan berupa barang yang dibeli  dengan tujuan untuk dijual

-Perusahaan manufaktur

Bahan baku dan penolong, Barang dalam proses, Barang jadi/produk selesai


Pengakuan persediaan 

-Persediaan diakui pada saat diterima atau hak kepemilikannya dan/atau kepenguasaannya berpindah

-Harga Pokok (Cost) Persediaan adalah jumlah semua pengeluaran langsung atau tidak langsung yang berhubungan dengan perolehan, penyiapan dan penempatan persediaan tersebut agar dapat dijual.


Masalah kepemilikan barang

-Barang dalam perjalanan (Good in Transit)

-Barang yang dipisahkan

-Barang Konsinyasi 

-Barang Angsuran


Goods on transit

-FOB Shipping Point : hak atas seluruh muatan beralih ke pembeli dengan pada saat pengiriman. Ketika barang dalam perjalanan dimasukkan dalam persediaan si pembeli.

-FOB Destination : hak tidak beralih sampai barang diterima oleh pembeli. Ketika barang dalam perjalanan dimasukkan dalam persediaan si penjual. 


Barang Konsinyasi

Sebelum barang tersebut dijual masih tetap menjadi persediaan pihak yang menitipkan (consignor) dan pihak yang  menerima titipan (consignee) tidak mempunyai hak atas barang tersebut sehingga tidak mencatat sebagai persediaan. 


Penjualan angsuran

Hak atas barang tetap pada penjual sampai seluruh harga jualnya dilunasi. Penjual akan melaporkan barang tersebut dalam persediaannya dikurangi dengan jumlah yang sudah dibayar. Pembeli akan melaporkan barang-barang tersebut dalam persediaannya sejumlah yang sudah dibayarkan.


Pengukuran persediaan 

-Biaya perolehan apabila diperoleh dengan pembelian

-Biaya standar apabila diperoleh dengan memproduksi sendiri

-Nilai wajar apabila apabila diperoleh dengan cara lainnya seperti donasi/rampasan


Metode pencatatan persediaan 

1. Metode Fisik/Periodic, pada metode fisik  setiap ada mutasi persediaan tidak ada catatannya sehingga untuk mengetahui nilai persediaan harus dilakukan dengan penghitungan secara fisik. Begitu juga harga pokok penjualan baru dapat dihitung setelah persediaan akhir sudah dihitung.

2. Metode Buku/Perpectual, pada metode ini setiap ada mutasi persediaan selalu dilakukan pencatatan sehingga sewaktu-waktu dapat diketahui saldo dari persediaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 SMP favorit di Indonesia

  1.SMP NEGERI 1 SEMARANG SMP ini memiliki visi yaitu untuk membentuk manusia yang memiliki budi pekerti luhur, menjadikan sekolah yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, serta mampu berkompetisi di tingkat nasional. 2. SMP PL BINTANG LAUT SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta berdiri sejak 1 Agustus 1958, yang berlokasi di Jalan Pasar Kliwon nomor 174 Surakarta (sekarang dipakai SD Kanisius Keprabon I Surakarta). Pada awal berdirinya hanya mempunyai empat orang guru, yaitu Br. Octavius Steuns, FIC sebagai kepala sekolah yang pertama, Br. Edelwaldus, FIC, Bapak Y. Sarwono, dan Bapak YB. Suwarso. Pesuruh sekolah masih meminjam dari Kanisius yang bernama Pak Min. Sekolah ini di bawah naungan yayasan Pangudi Luhur yang berpusat di Jalan dr. Sutomo nomor 4 Semarang yang dikelola oleh para Bruder FIC. 3.SMP NEGERI 1 DELANGGU SMP Negeri 1 Delanggu yang terletak di Klaten, Jawa Tengah adalah Sekolah yang memiliki visi yang jauh ke depan. SMP Negeri

Tugas 4

Bab 1 1. Unsur-unsur yang saling mempengaruhi dalam sistem komputerisasi akuntansi: C. Softwares , hardwares , brainwares , inputs dan outputs  2. Program MYOB termasuk kelompok: D. Softwares 3. Format tanggal program MYOB sejak awal adalah: B. DD/MM/YYYY 4. Menu yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru: D. Create 5. Kolom informasi perusahaan yang harus diisi ( tidak boleh kosong ) : B. Company Name 6. Yang dimaksudkan dengan current financial year: A. Periode akuntansi yang sedang berjalan 7.yang dimaksud dengan last month of financial year: C. Bulan akhir dari periode akuntansi 8. Yang dimaksud dengan conversion month: C. Bulan awal periode akuntansi yang berjalan 9.jika perusahaan menggunakan jumlah periode 13 bulan maka bulan ke-13 khusus untuk: B. Mencatat transaksi awal periode 10. Nama file data bisnis harus unik , artinya: C. Nama file harus spesifik tidak ada yang menyamai Bab2: 1. Akun2 pada program myob dibedakan dalam: C. 8 kategori 2. Akun yang termasuk katego

Violetta adm pjk

 A. Wajib pajak penghasilan pasal 21 *Penghasilan: setiap tambahan kemampuan ekonomi yg diterima/diperoleh WP *Pph 21: pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain yg diterima/diperoleh WPOP dlm negeri sehubungan dgn pekerjaan/jabatan jasa dan kegiatan *Penerima penghasilan yg dipotong pph 21: a. Pejabat negara b. PNS c. Pegawai d. Penerima pensiun *Penerima penghasilan yg tdk dipotong pph 21: a. Pejabat perwakilan diplomatik dan konsultan, dgn syarat: bukan WNI, hanya menerima penghasilan dari Indonesia, dan negara bersangkutan memberi perlakuan timbal balik b. Pejabat perwakilan organisasi internasional *pemotong pph 21: -pemberi kerja -bendaharawan pemerintah yg membayarkan gaji dgn nama apapun -perusahaan, badan, dan bentuk usaha tetap, yg mmbyr honorarium/pmbyrn lain sbg imbalan sehubungan dgn Kegiatan dan jasa -perusahaan, badan, dan bentuk usaha tetap, yg mmbyr honorarium/pmbyrn lain sbg imbalan sehubungan dgn Kegiatan dan jasa yg dilakuka